Sabtu, 01 Februari 2020

Mentan SYL Beri Kuliah Umum di PTIK_Polisi Menjadi Pelopor Kemajuan

Mentan SYL Beri Kuliah Umum di PTIK_Polisi Menjadi Pelopor Kemajuan
Mentan SYL Beri Kuliah Umum di PTIK_Polisi Menjadi Pelopor Kemajuan
Mentan SYL Beri Kuliah Umum di PTIK_Polisi Menjadi Pelopor Kemajuan

Mentan SYL Beri Kuliah Umum di PTIK_Polisi Menjadi Pelopor Kemajuan

Belakangan ini ayam joper atau biasa dimaksud dengan ayam kampung super tengah disukai banyak orang di kalangan peternak ayam utamanya peternak ayam kampung asli. Karena ayam joper memberi jalan keluar ditengah-tengah problem yang ditemui peternak ayam kampung asli, ialah lama-nya waktu panen ayam kampung yakni hingga mencapai 6 bulan, masalah ini membawa dampak harga ayam kampung asli di bursa pasaran melonjak naik.

Asal mulanya ayam joper 

Sebelum kita masuk ke ulasan, ada baiknya kita menyadari darimanakah asal saran ayam joper. Ayam Joper atau yang biasa disebutkan dengan Ayam Jawa Super / Ayam Kampung super ini berasal dari persilangan antara ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina.

Kelebihan ayam joper 

Ayam joper punya banyak sekali keunggulan serta kelebihan dibanding ayam kampung asli, di samping kelebihan yang paling menonjol yaitu cepatnya panenan ayam joper yang hanya 2 bulan, ada banyak kelebihan - kelebihan yang lain salah satunya ialah :
  1. Panen hanya 60 hari. 
  2. miliki ketahanan badan yang tinggi dan tahan penyakit. 
  3. Daging menyerupai ayam kampung. 
  4. Tinggi Protein. 
  5. Rendah lemak. 
  6. Daging lebih lezat dan lebih padat. 
Bisnis ayam joper 

Sebab cepatnya panen ayam joper, harapan buat ternak ayam joper / ayam kampung super sangatlah bagus untuk peternak ayam ataupun penduduk yang ingin coba usaha.

Untuk seseorang yang mempunyai mata yang bagus, tentu mengetahui mengapa peluang bisnis ayam joper benar-benar menjanjikan, serta satu orang yang bukan background peternakan juga tau kalau bisnis ayam joper sangatlah bagus untuk ke depan nya.

Metode pelihara ayam joper 

Memelihara ayam joper pun tidak susah seperti ayam lainnya, cukup hanya membaca buku peternakan dan mencari di situs internet anda dapat banyak temukan pelbagai metode dalam memelihara ayam joper.

Beternak ayam joper dengan mode umbaran 

Salah satunya langkah untuk pelihara ayam joper adalah dengan memeliharanya secara tehnik umbaran atau biasa disebutkan dengan free range, ialah teknik pemeliharaan ayam melalui langkah membuat ayam atau tidak dikandangkan.

Ayam diberi kebebasan serta dilepas untuk bergerak bebas di tanah, meski tidak dikandangkan, namun tidak liar sebab tetap diberi pembatas berupa pagar dengan lingkup area yang luas.

Dengan tehnik ini anda mempunyai banyak keuntungan, salah satunya ialah :

Harga pakan lebih murah serta daging lebih sehat

Anda tak usah beli pakan pabrikan yang harga termasuk juga mahal, anda hanya butuh berikan pakan ayam anda makanan sisa atau di campur dengan bahan organik.

Utama yakni ayam lebih bahagia dan membuat berat lebih berat.

Mungkin anda salah satunya dari ribuan peternak ayam yang tidak perhatikan kebahagiaan hewan ternak anda, pasalnya nyata-nyatanya ada suatu organisasi peternakan dunia yang memperlakukan hewan ternaknya dengan kasih sayang yang bernama Mercy for Animal atau kasih sayang untuk hewan.

Dalam organisasi ini sangatlah memerhatikan hewan ternaknya, yang palinglah penting tak bisa ada kekejaman serta kekerasan dalam membesarkan hewan ternaknya.

Disamping hal tersebut kebahagiaan hewan merupakan faktor penting dalam peternakan, khususnya peternakan ayam. kalau ayam bahagia karena itu pakan yang udah dimakan ayam itu bisa menjadi daging makin banyak daripada ayam yang mempunyai tingkat stress yang tinggi, pakan yang menjadi daging akan sangat sedikit.

Untuk pembersihan mode umbaran ini, dikerjakan setiap satu minggu sekali, jadi sekam yang kotor dapat diambil, lalu dia bakal mengubah dengan sekam yang baru. Jadi, kotorannya bisa langsung terbuang dengan sekamnya. Yang membuat teknik ini benar-benar praktis, bertambah cepat, dan lebih gampang.

Analisa upaya ayam joper 100 ekor 

Juga perlu buat memperhatikan dan pelajari penelitian upaya ternak ayam joper, dengan penelitian ternak ayam joper kita bakal punyai data yang bakal mendukung ternak kita seperti diantaranya modal yang dibutuhkan, ongkos operasional ternak, sampai perhitungan rugi dan untung yang dihasilkan dari ternak.
hingga sini mungkin anda udah paham mengapa kajian usaha ayam joper begitu penting, memang pemahaman riset ini sangat penting dan begitu punya pengaruh untuk peternakan kita ke depannya, mengingat kalau kita salah menganalisa usaha kita jatuhnya yakni kehancuran dan berakibat gagal beternak ayam joper.

Dalam memulai upaya ternak ayam joper ini ada baiknya kita mencoba 100 ekor terlebih dahulu jangan terburu nafsu dengan beli banyak ayam, dengan kita coba beternak ayam joper dengan kapasitas 100 ekor, kita akan dapat memandang dan buat menghindari satu soal yang tidak dibutuhkan.

Sebab pada prinsipnya anda masih pemula pada dunia ternak ayam joper, pastinya pada saat mengawali ternak kita akan alami kebingungan, buat sesudah itu bila dirasa udah lumayan berkemampuan dalam beternak, jadi anda bebas pingin beternak sebanyak apapun, tetapi sebaiknya kalau itu dijalankan secara bertahap.

Telah waktunya kita analisa ternak ayam joper 100 ekor, kita asumsikan seperti berikut :
  • Harga DOC Ayam Joper (100 ekor) = Rp.580.000 
  • Pakan Ayam Joper brand BR1 4 sak = Rp.1.400.000 
  • Vaksin = Rp.100.000 
  • 5 Bohlam lampu 100 watt = Rp.20.000 
  • Ransum pakan serta minum = Rp.150.000 
  • Listrik perbulan = Rp.20.000 
Dengan kalkulasi seperti di atas kita mendapatkan total Rp. 2.270.000 apabila mengasumsikan jika per ekor ayam kita mendapat berat rata 0.9 kg, dengan memerhatikan harga daging ayam joper sekarang sampai Rp 29.000 per KG di kali kan dengan 95 KG karenanya kita bakal memperoleh total penjualan Rp 2.755.000 yang bermakna kita peroleh untung sebesar Rp 485.000 per 100 ekor nya.

Tapi keuntungan di atas belum terhitung perawatan yang lain, seperti menyiapkan kandang yang pantas buat ayam joper, pakan pabrikan, sampai ransum pakan serta tempat minum.

Bila anda ingin peningkatan berat ayam yang relevan, anda butuh membuatkan kandang ayam anda dengan penyesuaian kelompok usia, dari DOC sampai siap panen dan pemberian pakan serta minum yang intensif jika perlu dibuatkan agenda buat pemberian pakan serta minum. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar